CONTENT BLOG

BLOG CONTENT IS AVAILABLE IN TWO LANGUAGES, INDONESIA AND ENGLISH (UK/US)
KONTEN BLOG INI TERSEDIA DALAM DUA BAHASA, INDONESIA DAN INGGRIS

CHRISTIAN ETHICS / ETIKA KRISTEN

ETIKA KRISTEN

Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian / Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom Materials Quiet Time Testimony


Apa itu etika Kristen?

“Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan. Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka)” (Kolose 3:1-6).


Walaupun Alkitab bukan sekedar daftar “perintah” dan “larangan”, namun Alkitab memberi kita instruksi terinci mengenai seharusnya kita hidup sebagai orang Kristen. Alkitab adalah satu-satunya kitab yang kita perlukan untuk mengetahui bagaimana menghidupi kehidupan Kristen. Namun demikian Alkitab tidak secara eksplisit menguraikan segala situasi yang kita akan hadapi dalam kehidupan kita. Kalau begitu bagaimana Alkitab cukup? Di situlah giliran Etika Kristen.

Sains mendefinisikan etika sebagai, “serangkaian prinsip moral, kajian mengenai moralitas.” Karena itu Etika Kristen adalah prinsip-prinsip yang disarikan dari iman Kristen yang menjadi dasar tindakan kita. Walaupun Firman Tuhan mungkin tidak menyinggung dan membicarakan seluruh situasi yang mungkin kita hadapi dalam kehidupan kita, prinsip-prinsipnya memberi kita standar yang harus kita ikuti dalam situasi-situasi di mana tidak ada instruksi yang eksplisit. Misalnya, Alkitab tidak berbicara secara eksplisit mengenai penggunaan obat-obat terlarang, namun berdasarkan prinsip-prinsip yang kita pelajari melalui Alkitab kita tahu bahwa itu salah.

Salah satunya adalah Alkitab mengatakan bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus dan kita harus memuliakan Allah dengannya (1 Korintus 6:19-20). Mengenali apa yang diakibatkan oleh obat-obat terlarang pada tubuh kita – kerusakan yang diakibatkan pada berbagai organ tubuh – kita tahu bahwa menggunakan obat-obat terlarang adalah merusak bait Roh Kudus. Dan jelas hal itu tidak memuliakan Allah. Alkitab juga memberi tahu kita bahwa kita harus mengikuti pemerintah yang Allah telah tempatkan (Roma 13:1). Mengingat natur obat-obat terlarang yang ilegal, penggunaannya berarti kita tidak menaati pemerintah namun melawan mereka. Apakah ini berarti kalau obat-obat terlarang itu dilegalisasi lalu berarti boleh? Tetap tidak karena melanggar prinsip pertama.

Dengan menggunakan prinsip-prinisp yang kita temukan dalam Kitab Suci orang-orang Kristen dapat menentukan jalan yang harus ditempuh dalam situasi apapun. Dalam kasus-kasus tertentu ini merupakan hal yang sederhana, seperti peraturan hidup yang terdapat dalam Kolose 3. Dalam kasus-kasus lain kita perlu menggali lebih dalam. Cara yang terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan mendoakan Firman Tuhan. Roh Kudus mendiami setiap orang percaya dan bagian dari peranan-Nya adalah mengajar bagaimana seharusnya kita hidup: “Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yohanes 14:26). “Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu—dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta—dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia” (1 Yohanes 2:27). Jadi ketika kita mendoakan Kitab Suci, Roh Kudus akan menuntun kita dan mengajar kita. Dia akan menunjukkan kita prinsip yang kita perlu pegang dalam situasi tertentu.

Walaupun Firman Allah tidak membicarakan segala situasi yang kita hadapi dalam hidup kita, Firman Allah cukup untuk kita menghidupi kehidupan Kristen. Untuk kebanyakan hal kita tinggal melihat apa yang dikatakan Alkitab dan mengikuti arah yang diberikan. Dalam kasus-kasus di mana Alkitab tidak memberi petunjuk yang eksplisit untuk situasi tertentu, kita perlu melihat prinsip yang melatarbelakanginya. Sekali lagi dalam kasus-kasus tertentu itu merupakan hal yang mudah. Kebanyakan dari prinsip yang orang-orang Kristen ikuti adalah cukup untuk hampir semua situasi. Dalam kasus yang langka di mana tidak ada petunjuk Kitab Suci yang eksplisit maupun prinsip yang jelas, kita perlu bersandar kepada Allah. Kita mesti mendoakan Firman-Nya, dan membuka diri kita kepada Roh-Nya. Roh Kudus akan mengajar kita dan menuntun kita dalam Alkitab untuk mendapatkan prinsip yang kita perlu pegang sehingga kita dapat berjalan dan hidup sebagaimana layaknya orang Kristen.

Amin

Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian / Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom Materials Quiet Time Testimony

 

ENGLISH

CHRISTIAN ETHICS


What is Christian ethics?
"Therefore, if you have been raised with Christ, seek those things which are above, where Christ is, seated at the right hand of God. Think about things that are above, not on earth. For you have died and your life is hidden with Christ in God. When Christ, who is our life, reveals himself someday you too will declare themselves with Him in glory. Because it's in you turn off everything earthly, sexual immorality, impurity, lust, evil desires and greed, which is the same as idolatry, everything that the wrath of God (upon the children of disobedience) "(Colossians 3:1-6 ).
Although the Bible is not just a list of "command" and "don'ts", but the Bible gives us detailed instructions about we should live as Christians. The Bible is the only book that we need to figure out how to live the Christian life. However, the Bible does not explicitly spell out every situation we will face in our lives. If so how the Bible enough? That's where the turn of Christian ethics.
Science defines ethics as "a set of moral principles, the study of morality." Therefore Christian Ethics are the principles derived from the Christian faith is the basis of our actions. Although the Word of God may not be offensive and talk about the whole situation that we may face in our lives, gives us principles that we must follow standards in situations where there is no explicit instruction. For example, the Bible does not speak explicitly about the use of illegal drugs, but based on the principles we learned through the Bible we know that it is wrong.
One is the Bible says that our bodies are temples of the Holy Spirit, and we must honor God with it (1 Corinthians 6:19-20). Recognize what is caused by drugs in our bodies - the damage caused in various organs - we know that using drugs is damaging the temple of the Holy Spirit. And obviously it does not glorify God. The Bible also tells us that we must follow that God has placed the government (Romans 13:1). Given the nature of the drugs are illegal, its use means that we do not obey the government but against them. Does this mean that if drugs were legalized then means be? Still not for violating the first principle.
By using the principles prinisp we find in the Scriptures of Christians can specify path to take in any situation. In certain cases it is a simple matter, as a rule of life contained in Colossians 3. In other cases we need to dig deeper. The best way to do this is to pray for God's Word. Spirit indwells every believer and part of his role is to teach how we should live: "But the Comforter, the Holy Spirit, to be sent by the Father in my name, he shall teach you all things and will remind you of all the which I have spoken unto you "(John 14:26). "For in you remains the anointing which ye have received of him. Therefore you do not need to be taught by others. But as his anointing teaches you about all things, and his teaching is true, do not lie, and just as it has taught you, ye shall abide in him "(1 John 2:27). So when we pray the Scriptures, the Holy Spirit will guide us and teach us. He will show us the principle that we need to hold in certain situations.
Although the Word of God is not talking about every situation we face in our lives, the Word of God is sufficient for us to live the Christian life. For most things we live to see what the Bible says and follow the directions given. In cases where the Bible does not give explicit instructions for a particular situation, we need to look at the principles behind it. Again in certain cases it is an easy thing. Most of the principles that Christians follow is sufficient for almost all situations. In the rare cases where there is no explicit scriptural instructions and clear principles, we need to rely on God. We must pray for His Word, and open ourselves to His Spirit. The Holy Spirit will teach us and guide us in the Bible to get a grasp of the principles that we need so that we can walk and live like a Christian.
Amen


Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian / Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom Materials Quiet Time Testimony

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Membantu Kami...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...