CONTENT BLOG

BLOG CONTENT IS AVAILABLE IN TWO LANGUAGES, INDONESIA AND ENGLISH (UK/US)
KONTEN BLOG INI TERSEDIA DALAM DUA BAHASA, INDONESIA DAN INGGRIS

PREPARE YOURSELF / PERSIAPKAN DIRIMU


PERSIAPKAN DIRIMU (Pdt. ADE MANUHUTU)

LUKAS 21 : 34 – 36

Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian /

Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom

Materials Quiet Time Testimony

Kita sudah sering mendenganr banyak hamba Tuhan yang mengatakan bahwa kita sudah ada di masa akhir zaman, itu bukanlah perkiraan manusia tetapi tanda-tanda zaman sesuai kebenaran Firman Tuhan. Itulah sebabnya kita harus mempersiapkan diri kita, supaya kita kedapatan tak bercacat cela manakala hari Tuhan itu datang.




“jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh keatas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan sendiri dihadapan Anak Manusia.” (Lukas 21 : 34 – 36)

Firman Tuhan diatas mengajarkan kita bagaimana kita mempersiapkan diri kita.
1.       Menjaga Hati
Menjaga hidup kita dimulai denga nkita menjaga hati kita, Amsal 4 : 23 berkata “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”. Firman Tuhan mengingatkan kita supaya kita menjaga hati kita supaya tidak sarat dengan pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi.

2.       Bangun Hubungan Intim Dengan Tuhan
Saat kita lahir baru, menyadari kehidupan kita dan buka hati terima Tuhan Yesus dan mengakui Dia sebagai Tuhan dan juru selamat kita, maka Tuhan memberikan kepada kita hati yang baru, hati yang taat kepada Tuhan, lalu Tuhan memberikan Roh Kudus bagi kita untuk memimpin hidup kita sehingga kita menjadi pelaku-pelaku Firman. Setelah kita menjadi anak Tuhan, kita harus mempersembahkan hati kita kepada Tuhan, bawa hati kita melekat kepada Tuhan dalam persekutuan yang akrab dengan Tuhan setiap hari.
Kita tidak mampu menjaga hati kita dengan kekuatan, hikmat dan kemampuan kita sendiri, itulah sebabnya kita harus terus membangun hubungan dengan Tuhan. Keintiman bukanlah sesuatu yang dapat terjadi dalam sekejap. 2 orang sahabat yang intim/akrab bukanlah orang-orang yang baru kenal, tapi mereka adalah 2 orang yang sering ketemu. Demikian juga kita dengan Tuhan, kita akan intim dengan Tuhan jika kita sering memiliki hubungan dengan Tuhan. Ayat 36a berkata, berjaga-jagalah sambil berdoa...
Berdoa adalah satu-satunya cara kita membangun keintiman kita dengan Tuhan. Daniel berdoa 1 hari 3 kali (Daniel 6 : 10). Daud, pribadi yang suka menyembah Tuhan, 7 hari selama 24 jam (pondok Daud). Berapa kali sehari kita punya waktu pribadi dengan Tuhan?
Saat kita datang pada Tuhan dalam waktu-waktu doa kita, kita punya pengalaman pribadi dengan Tuhan. Kita menyediakan waktu khusus untuk Tuhan bicara bagi kita, lewat kebenaran Firman Tuhan dan kita bicara pada Tuhan lewat doa-doa kita. Orang yang akrab tidak buru-buru, begitu juga jika kita intim dengan Tuhan. Persekutuan kita dengan Tuhan tidak sia-sia (1 Korintus 15 : 58). Sediakan waktu pagi-pagi untuk bersekutu dengan Tuhan (Yesaya 50 : 4), unutk mendenganrkan suara Tuhan. Memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan adalah jalan satu-satunya untuk kita memiliki kekuatan untuk luput dari hari Tuhan.

3.       Memberi Yang Terbaik
Orang yang menjaga hati dari hal-hal yang duniawi, mempersembahkan yang terbaik dari uang/harta yang mereka miliki untuk Tuhan. Kadang apa yang kita belanjakan untuk makan /minum/pakaian dan hal-haluntuk kesenangan diri kita lebih besar nilainya dibandingkan persembahan yang kita bawa kegereja, padahal Firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk memuliakan Tuhan dengan harta benda kita (Amsal 3 : 9 – 10, “Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya”).

Belajar dari kehidupan Lazarus dan Orang kaya, saat waktu tiba, terjadi perbedaan dimana Lazarus berada dan orang kaya berada. Jika kita melakukan dosa, bawa hati kita bertobat dan kembali pada Tuhan. Saat kita menjaga hati kita, maka kita akan siap menghadapi hari Tuhan.

Kala Tuhan datang di angkasa nanti, dia tidak datang seperti pencuri. Sudah ada tanda-tandanya. Hari Tuhan datang seperti pencuri adalah saat kita ada dalam keadaan tenang-tenang saja, tiba-tiba datang hal-hal “buruk” yang tidak kita duga.

Persiapkan diri kita, dalam kitab Wahyu 3 – Wahyu 16, ada 3 masa sulit datang menimpa bumi:
-          7 meterai
-          7 sangkakala
-          7 cawan murka Allah
Masa sulit dan bencana alam yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Itu sebabnya kita harus berjaga-jaga dan mempersiapkan diri kita supaya jika saat itu datang, ktia termasuk angkatan yang diselamatkan.

Sadar dan Berjagalah! Jangan permaikan kemurahan Tuhan.

Persiapkan dirimu, bangun hubungan dengan Tuhan dalam doa, jaga hidup kita dengan hidup sesuai peringatan-peringatan Tuhan supaya kita siap sedia menjelang datangnya hari Tuhan.
 Amin.

Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian /

Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom

Materials Quiet Time Testimony

 

ENGLISH

PREPARE YOURSELF (Pdt. AdeManuhutu)LUKE 21: 34-36

We've often mendenganr many ministers are saying that we are already there in the end times, it is not a human but the estimated age appropriate signs of God's truth. That's why we have to prepare ourselves, that we found to be blameless blemish came when the Lord's day.
"Take care of yourselves, lest your hearts not loaded by debauchery and drunkenness and worldly interests and not the day of the Lord so suddenly fall onto you like a snare. For he shall come upon all the earth.
Watch ye and pray always, that ye might receive the strength to escape all that will happen, and that you hold yourself in front of the Son of Man. "(Luke 21: 34-36)
God's Word teaches us on how we prepare ourselves.
1. Keeping the Heart
Keeping our lives begins with us guard our hearts, Proverbs 4: 23 says, "Keep your heart with all vigilance, for from it flow the springs of life". The Word of God reminds us that we keep our hearts so as not laden with debauchery and drunkenness and worldly interests.
2. Build Intimate Relationship With God
When we are born again, be aware of our life and open minded thank the Lord Jesus and confess Him as our Lord and Savior, God gives us a new heart, a heart devoted to God, and God gives the Holy Spirit for us to lead our lives that we be doers of the Word. Once we become children of God, we must dedicate our hearts to God, bring our hearts adhere to God in an intimate fellowship with God every day.
We are not able to keep our hearts with strength, wisdom and abilities of our own, which is why we must continue to build a relationship with God. Intimacy is not something that can happen in an instant. 2 people were intimate friends / familiar people are not only known, but they are two people who often met. Likewise with God, we will be intimate with the Lord if we often have a relationship with God. Verse 36a says, stay awake and pray ...
Prayer is the only way we build our intimacy with God. Daniel prayed three times a day (Daniel 6: 10). David, who loves to worship the Lord personally, 7 days for 24 hours (the tabernacle of David). How many times a day we have personal time with God?
When we come to God in our prayer times, we had a personal experience with God. We provide a special time for God to speak to us through the Word of God and we talk to God through our prayers. People who are not familiar rush, so if we are intimate with God. Fellowship with the Lord is not in vain (1 Corinthians 15: 58). Take time in the morning to fellowship with God (Isaiah 50: 4), mendenganrkan fatherly voice of God. Have an intimate relationship with God is the only way for us to have the strength to escape from the day of the Lord.
3. Giving The Best
People who keep the heart from worldly things, to present the best of the money / wealth they have for God. Sometimes what we spend to eat / drink / clothes and the haluntuk pleasure ourselves greater value than the offerings that we bring to the church, but the Word of God teaches us to glorify God with our possessions (Proverbs 3: 9-10, " Honour the Lord with thy substance, and with the firstfruits of all thine increase, so shall thy barns be filled with plenty, and thy presses shall burst out with new wine ").
Learning from the life of Lazarus and the rich man, when the time comes, there is a difference which was Lazarus and the rich are. If we do sin, repent and bring our hearts back to God. When we keep our hearts, then we will be ready to face the day of the Lord.
Kala God came in the air later, he did not come like a thief. Already there are signs. Day of the Lord so cometh as a thief is when we are in a state of calm, came suddenly things "bad" we do not expect.
Prepare ourselves, in Revelation 3 - Revelation 16, there are 3 hard times come upon the earth:
- 7 seals
- 7 trumpets
- 7 bowls of God's wrath
Hard times and natural disasters that we never imagined before. That is why we must watch and prepare ourselves so that when the time comes, ktia including force rescued.
Conscious and be aware of! Do not permaikan God's mercy.
Prepare yourself, build a relationship with God in prayer, keep living our lives in accordance with God's warning that we may be ready before the coming day of the Lord.
 Amen.


Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian /

Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom

Materials Quiet Time Testimony

 

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Membantu Kami...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...