CONTENT BLOG

BLOG CONTENT IS AVAILABLE IN TWO LANGUAGES, INDONESIA AND ENGLISH (UK/US)
KONTEN BLOG INI TERSEDIA DALAM DUA BAHASA, INDONESIA DAN INGGRIS

TONGUE AND SOME HOW TO CONTROL / LIDAH DAN BEBERAPA CARA MENJINAKANNYA


LIDAH DAN BEBERAPA CARA MENJINAKANNYA

Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian / Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom Materials Quiet Time Testimony

Artikel ini akan membantu anda mencari tahu, MENGAPA kamu kadang-kadang salah bicara ? APA sebaiknya tindakanmu kalau keseleo lidah ? BAGAIMANA caranya menjinakan lidahmu ?

BAHAYA LIDAH

 

Teman-teman, Mengapa Kamu kadang-kadang salah bicara?

coba baca ayat berikut ini, “Orang yang  tidak pernah berbuat kesalahan dengan kata-katanya, ia orang yang sempurna.” (Yakobus 3 : 2 ), Apa artinya ? Tak seorangpun dapat sepenuhnya mengendalikan lidah. Kadang otak kita menyuruh berhenti, eh mulut kita malah keceplosan.
Kisah Nyata . “Temanku bilang dia suka sama beberapa baju yang aku enggak pakai lagi. Aku langsung menyeletuk, ‘Kayaknya enggak bakalan muat deh sama kamu.’ Dia menjawab, ‘maksudmu? Kamu mau bilang aku gendut?’”
Untuk tahu mengapa kamu kadang-kadang bisa kelepasan bicara, cobalah hal berikut.
-          Cari tahu kelemahanmu
i)     Aku cenderung marah-marah
ii)   Aku cenderung bicara tanpa dipikir
iii) Aku cenderung bicara tanpa mendengar
iv)  Yang lain ..........................
Contoh : “Kelemahanku adalah kebanyakan bercanda, dan kadang orang jadi salah paham.”
-          Cari tahu terhadap siapa kamu paling sering keseleo lidah
i)     Orang Tua
ii)    Kaka Adik
iii)   Teman
iv)   Yang lain .....
Contoh : “Kenapa ya, orang-orang yang paling aku sayangi justru paling sering aku sakiti,” Mungkin “karena aku merasa dekat sama mereka, aku suka kelepasan ngomong.”
Sekarang,

Apa sebaiknya tindakanmu kalau salah bicara?

‘Kejarlah hal-hal yang menghasilkan perdamaian.’ (Roma 14 : 19) satu cara untuk menuruti nasihat itu adalah dengan meminta maaf.
Kisah Nyata : “Mama meninggal sewaktu umurku sepuluh bulan, dan papaku enggak pernah ngurus aku. Jadi, aku dibesarkan oleh om dan tante. Suatu hari, sewaktu umurku sekitar 10 – 11 tahun, aku merasa sangat kesepian dan marah karena ditinggal mati mama, dan rasanya aku ingin menyalahkan seseorang. Maka, ketika tante meminta aku membantunya, aku mulai mengomel; ujung-ujungnya keluarlah kata-kata ‘Aku nggak suka tante’ dan ‘tante bukan mamaku’. Wajah tante terlihat kaget. Dia lalu masuk ke kamarnya dan menutup pintu, dan aku bisa mendengar dia menangis. Aku merasa nggak karuan. Dia sudah mengurus aku dan melakukan segalanya untukku, tapi aku memperlakukan dia kayak gitu. Om bicara denganku soal itu, lalu ia menunjukan kepadaku ayat-ayat mengenai mengendalikan lidah. Setelah itu, aku meminta maaf dengan tulus sama tante. Aku sadar aku yang salah.”
Teman, anda dapat menemukan alasan, mengapa kamu sulit meminta maaf? Dan anda pula dapat menemukan alasan, mengapa dengan meminta maaf kamu bisa lebih baik? Sambil membaca amsal 11 : 2 dan matius 5 : 23, 24. Lebih baik langsung mencegah suatu masalah supaya kamu tidak perlu meminta maaf. Bagaimana kamu bisa melakukannya?

Bagaimana cara mengendalikan lidah?

Yakobus 1 : 19, “Cepat mendengar, lambat berbicara, lambat murka.” Berikut beberapa tips yang akan membantu kamu menerapkan ayat ini.
Bacalah ayat-ayat berikut, dan cocokkan setiap ayat dengan salah satu tips.
Amsal 12 : 16  -  “Enggak usah tanggapi terlalu serius deh, supaya kita enggak gampang teringgung.”
Amsal 17 : 14  -  “Aku pergi jalan-jalan sebentar supaya bisa menyendiri dan menenangkan diri.”
Amsal 26 : 20  -  “Dulu, aku suka berpikir bahwa setiap persoalan harus dipermasalahkan, dan aku suka cari gara-gara. Tapi sekarang aku belajar untuk tidak lagi memusingkan hal-hal sepele.”
Pengkhotbah 7 : 9  -  “Kalau ada yang marah-marah dan kita cuek saja, dia bakal capek sendiri karena enggap ditanggapi, sabar saja. Jangan siram bensin ke api.”
Filipi 2 : 3  -  “Tiap kali kesal sama seseorang, aku maunya mengeluarkan semua yang terlintas dalam pikiranku tentang orang itu. Tapi, dengan menahan diri, aku sadar betapa sia-sianya jika semua itu terucap. Pelajaran yang aku petik adalah jangan cepa-cepat bereaksi.”
Teman, cobalah untuk mengkomunikasikan tentang hal ini dengan orang tua, kaka rohani, pembimbing, konselor, penatua, pendeta/gembala atau orang yang kamu anggap dekat dan mampu mengerti kamu. Cobalah bertanya pengalaman dan pelajaran yang mereka punya tentang menjinakan lidah. Jangan lupa baca ayat ini Yakobus 3 : 2.

Semoga Renungan Remaja ini berguna bagi teman-teman pembaca.

Tuhan Yesus Pasti Memberkati kita semua.... Amin.

Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian / Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom Materials Quiet Time Testimony

 

ENGLISH

TONGUE AND SOME HOW TO CONTROL


This article will help you find out, WHY you sometimes say something wrong? WHAT should be actions that slip of the tongue? How do I tame the tongue?
 
Friends, Why do you sometimes say something wrong?
try reading the following verse, "He who never made a mistake with his words, he's perfect." (James 3: 2), What does it mean? No one can fully control the tongue. Sometimes we tell the brain to stop, eh our mouths instead slipped out.
True Story. "My friend told me he likes some of the same clothes that I not wear anymore. I immediately say, 'I think baseball is going to fit you deh same. "He said,' do you mean? You want to say I'm fat? '"
To know why you can sometimes slip of the tongue, try the following.
- Find out your weaknesses
i) I tend to get angry
ii) I'm inclined to speak thoughtlessly
iii) I tend to speak without hearing
iv) All other ..........................
Example: "The weakness was mostly joking, and sometimes people get misunderstood."
- Find out to whom you are most frequent slips of the tongue
i) Parent
ii) Kaka's brother
iii) Friends
iv) More .....
Example: "Why yes, the people I love the most is the most often I'm hurt," Maybe "because I feel close with them, I like the freedom to speak."
Now,What if one of your actions should speak?
"Pursue the things that bring about peace." (Romans 14: 19) one way to follow that advice is to apologize.
True Story: "She died when I was ten months old, and my daddy I baseball committee ever. So, I was raised by uncle and aunt. One day, when I was about 10-11 years old, I feel very lonely and angry widowed mom, and I wanted to blame someone. Then, when auntie asked me to help him, I started ranting; ends come out the words 'I do not like auntie' and 'aunt is not my mama'. The face auntie looked surprised. She then went into her room and shut the door, and I could hear him crying. I was not mad. She took care of me and did everything for me, but I treat him like that. Om talk to me about it, and he showed me the verses about controlling the tongue. After that, I sincerely apologize for the same aunt. I realized I was wrong. "
Friend, you can find a reason, why you is hard to apologize? And you also can find the reason, why the apology you could be better? While reading the proverbs 11: 2 and Matthew 5: 23, 24. Better to directly prevent a problem that you do not need to apologize. How do you do?How do I control the tongue?
James 1: 19, "quick to hear, slow to speak, slow to wrath." Here are some tips that will help you implement this paragraph.
Read the following verses, and match each paragraph with one of the tips.
Proverbs 12: 16 - "I do not have to respond too seriously, so we easily teringgung baseball."
Proverbs 17: 14 - "I went for a walk for a while so I could be alone and calm down."
Proverbs 26: 20 - "In the past, I like to think that every problem must be questioned, and I love looking for trouble. But now I learned to no longer sweat the little things. "
Ecclesiastes 7: 9 - "If there were angry and we ignore it, he'll get burned because enggap addressed, just wait. Do not pour gasoline on the fire. "
Philippians 2: 3 - "Every time someone equally upset, I wants remove all that went through my mind about it. But, with the refrain, I realized how futile if it all came out. The lesson I learned is do not cepa-quick to react. "
Friends, try to communicate about it with parents, kaka spiritual mentors, counselors, elders, pastors / shepherds or the one you think is closer and able to understand you. Try asking experiences and the lessons they have about taming the tongue. Be sure to read this verse James 3: 2.Hopefully this Teen Devotional useful for readers friends.
Surely the Lord Jesus bless us all .... Amen.


Renungan Khotbah Hamba Tuhan Kata Bijak Saat Teduh Kesaksian / Reflections Sermons Servant of God Teen Thoughts Wisdom Materials Quiet Time Testimony

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Membantu Kami...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...